PROPOSAL PEMASARAN
MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS
HALAMAN JUDUL
DISUSUN
OLEH:
NAMA :
SITINA WANTI BR MENDROFA
KELAS :
X ADP
SMK KANSAI PEKANBARU
2019
DAFTAR ISI
BAB I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Susumerupakanminuman
yang hampirdigemariolehseluruhmasyarakat di seluruhdunia, baikanak-anakmaupun
orang dewasa.Bukantanpaalasansususangatdigemari, selainmemiliki rasa enak yang
khas, susujuga kaya akannilaigizi.
Dikatakanbergizitinggikarenasusubanyakmengandungzatgizi, diantaranya protein,
karbohidrat, lemak, vitamin danbeberapa mineral. MenurutSyariefdanHalid (1993),
biladitinjaudarikomposisigizi, air susumerupakanminumanbergizitinggi,
khususnyakarenamengandung protein yang bernilaitinggisertamempunyai aroma
spesifikkhassusu. Komposisisusuterdiridari air (87,75 %), lemak (3,6 %),
protein (3,4 %), karbohidrat (4,5 %), danmineral (0,75 %). Karenaitu,
tidakheransusutergolongminuman yang menyehatkan.
Susumenjadisalahsatupendukungpolahidupsehat,
sehinggasususangatpentinguntukdikonsumsi.
Pentingnyamengkonsumsisusudapatdilihatdanditinjaudarigencarnyagerakanminumsusu
yang digalakkan di berbagaidunia, termasuk di Indonesia. Indonesia
mulaimenggalakkankonsumsisusupadatahun 50-an dalam program EmpatSehat Lima
Sempurna, dimanasusumenjadipenyempurnadarimakanan yang kitakonsumsi.
Menurut
data KementrianPerindustrianRepublik Indonesia, konsumsisusumasyarakat
Indonesia terbilangrendahataukisaran 11,09 liter per kapita per
tahundibandingkansejumlahnegara di ASEAN yang mencapailebihdari 20 liter per
kapita per tahun. Rendahnyadayakonsumsitersebutdikarenakanbanyakfaktor,
salahsatunyayaitususu yang kurangmenarikatau rasa bosanterhadapteksturdan rasa
darisusu. Adapunprodukolahansusubiasanyadipatokdenganharga yang cukupmahal.
Penyebabrendahnyadayakonsumsisusuinitentumenjadipermasalahanbersama yang
perludibenahidandicarikansolusi.
Salah
satusolusinyatentumenyediakanprodukolahansusudenganharga yang
terjangkaunamunenak. Sebagaigenerasibangsadanmendukunggerakanminumsusu di
Indonesia, makadibuatlahlangkahsolutifyaituprodukolahansusubernamaSusUINAjah.
SusuinAjahmerupakanprodukberbahandasarsusudancampurancoklat, sertabahanpilihan
yang disajikandalamsensasidingin. SusUINAjahmemiliki slogan “Susuku, Susumu,
Susu Kita” yang
dapatdimaknaisebagaibentukdukunganpenuhterhadapkonsumsiprodukolahansusu yang
enakdaninovatif, namunmerakyatkarenaharga yang tergolongmurah.
B. Visi dan Misi
1.
Visi
a.
Menjadi produsen es
lilin varian rasa yang menarik, menyegarkan, halal dan berbeda dari pada yang
lain namun dengan harga yang tetap terjangkau dikalangan mahasiswa.
b.
Menjadi produk jajanan yang paling
dicari-cari oleh semua kalangan terutama mahasiswa karena dibandrol dengan
harga yang ekonomis.
2.
Misi
a.
Meningkatkan daya
saing dengan tetap fokus pada kualitas, efisiensi dan inovasi yang berkelanjutan.
b.
Bersaing dalam
kualitas dengan cara selalu menjaga pengawasan yang ketat terhadap proses
pemilihan bahan baku sampai produk jadi, sehingga bisa mendapatkan kepercayaan
dari konsumen.
c.
Menjaga konsistensi
rasa dan juga takaran bahan baku meskipun harga bahan baku sedang naik turun
tak menentu.
d.
Selalu meningkatkan
kinerja dengan cara bekerja secara konsisten dan dengan tetap memanfaatkan
relasi sekaligus memperluas distribusi pemasaran. Sehingga dapat lebih
memperkenalkan produk kepadamasyarakat umum.
C.
Tujuan
Tujuan dari usaha pembuatan produk “SusUINAjah” yaitu:
1.
Menciptakan varietas
es lilin model baru, dengan menggunakan susu murni asli.
2.
Dapat menjaga
kelangsungan usaha dan dapat mengembangkannya.
3.
Menambah ilmu baru dan
wawasan dalam memulai suatu usaha.
4.
Mendapatkan keuntungan.
BAB II. GAMBARAN PRODUK
A.
IdentitasProduk
Produk ini merupakan inovasi
bersama yang diciptakan oleh mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta program
studi Pendidikan Kimia. Produk yang ditawarkan oleh pemilik usaha berupa campuran
susu murni dan coklat yang dikemas dalam bentuk es lilin dan diberi nama “SusUIN
Ajah”, dengan slogan Susuku Susumu Susu Kita Susuin Ajah.
B.
Kemasan
Berikutadalahadalah logo dariprodukSusUINAjah:
BerikutadalahgambaranpackingdariprodukSusUINAjah:
Berikutinimerupakangambaranmockupdalambentukeslilin:
BAB
III. METODE PEMASARAN
A.
StrategiPemasaran
Strategi yang
dilakukanolehpemilikusahayaitumelaluisosial media (online) dandoor to
door.Sosialmedia
yang digunakanpemilikusahayaituinstagramdenganusername@susuin_ajah.Selainitudigunakanjugapromosimelaluiakunsosial
media lainnyasepertiwhatsapp, line, dan lain sebagainya.Promosidilakukan pula
olehpemilikusahabesertaanggotadalamakunsosial media pribadi.Sedangkanstrategidoor
to dooryaitumenawarkansecaralangsungproduktersebutkepadapembeli.Adapunsasaranpembeli
yang paling utamayaitumahasiswa.Pemilikusahaakanmenawarkanproduksecaralangsungkepadapembelisepertitemankuliah,
temaskos, temanoraganisasi, saudara, dll.
Selainitu, usaha yang dilakukanolehpemilikusahayaituakanmenawarkanproduksetiapadakeramaiandalamacara-acaratertentuseperti
SUNMOR (Sunday Morning), Car
Free Day, dll. Pemilikusahamenjagakualitasdankeunggulansertakonsistensi rasa dariproduk
yang dibuat, agar produkSusUINAjahtidakkalahsaingdenganeslilinlainnya.Strategilain yang
mungkinakandilakukanpemilikusahayaitumenyebarkanbrosurkepadamahasiswadanmasyarakatumummengenaiproduk
yang ditawarkan. Selainitu,melaluisosialmedia digencarkantentangtestimonipembeliterhadapprodukSusUINAjah.
B.
ManajemenPemasaran
Usaha inimemiliki 5 orang sebagaitenagakerja.Adapunbeberapabagiantenagakerja
yang dibutuhkanadalah:
1.
BagianProduksiAwal
Berikutdeskripsitugasnya:
a.
Mengumpulkandanaiurananggotaproduksiuntuk
modal.
b.
Menentukanbanyaknyabahan
yang dibeli.
c.
Menemukanbahandenganharga
paling minimal darihargapasaran.
d.
Mendesaindanmencetakbrandingdan
logo kemasan.
2.
BagianProduksi
Berikutdeskripsitugasnya:
a.
Menentukantakaranbahan-bahan
yang diperlukan, sepertimaizena, gulapasir, susumurni, susukental, dancoklat.
b.
Menentukanjumlahes yang
akandiproduksi.
c.
Menentukankualitas rasa
produkhinggalayakdijual.
d.
Menempelstikerdanmenatakemasansupayamenarik.
e.
Menyimpanbahansisaproduksi.
f.
Menyediakantempatuntukproduksi.
3.
BagianPemasaran
Berikutdeskripsitugasnya:
a.
Pemasaran Online
1)
Mengelolaakunsosial media
denganbaik (Instagram: @susuin_ajah)
2)
Menerapkanteoripemasaran
digital marketing.
3)
Aktifdalammengelolaakunsosial
media.
4)
Melayanikonsumendenganbaiksecaralangsungmaupuntidaklangsung.
b.
Pemasaran Offline
1)
Mengadakansistem promo
padaawalproduksisebagaipengenalanproduk.
2)
Memasarkanprodukdenganmenawarkankepadateman-teman
di kampus, organisasi, tetangga, saudara, dantemansepemukiman,
sertamemanfaatkaneventtertentu di kampus.
3)
Melayanikonsumendenganbaik.
C.
Sarana
dan
Prasarana
1.
Lokasi Usaha
Lokasi
tempat usaha ini berada di area pusat kota Yogyakarta yang akan dipasarkan di
area kampus dan membuka delivery order di
sekitar kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
2.
Ketersediaan sumber
daya manusia (SDM)
Pengelolaan
usaha ini tidak membutuhkan keahlian dan pengalaman terlalu banyak karena cara
pembuatan produk yang gampang, sehingga tenaga kerja yang digunakan dalam
proses produksi dan pemasaran adalah mahasiswa-mahasiswi yang sedang menempuh
studi di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
3.
Sistem Manajemen Usaha
Sistem
manajemen dalam usaha akan dikelola oleh pemilik usaha dengan keputusan bersama sebagai keputusan yang diambil. Jadi,
yang memimpin jalannya usaha adalah pemilik usaha ini.
D.
AspekKeuangan
Anggaran awal yang diperlukan
untuk usaha ini adalah sebagai berikut:
No
|
Rincian
|
Jumlah
|
Harga
|
1
|
Plastikes
|
1
pcs (4,5x17)
|
Rp 4000
|
2
|
Stiker
|
1
lembar (A3+)
|
Rp 11000
|
3
|
Maizena
|
1
pcs (150 g)
|
Rp 5000
|
4
|
Coklatbatang
|
1
pcs (250 g)
|
Rp 15000
|
5
|
Susukentalputih
|
1
kaleng (370 g)
|
Rp 10000
|
6
|
Susumurni
|
2
liter
|
Rp 14000
|
7
|
Gulapasir
|
0,25
kg
|
Rp 4500
|
Total
|
Rp 63500
|
Produk SusUINAjah akan dijual
dengan harga satuan sebagai berikut:
Produk
|
@Modal
|
@HargaJual
|
@Laba
|
SusUINAjah
|
Rp 1150
|
Rp 1500
|
Rp 350
|
Jumlah sekali produksi kurang
lebih 30 es. Bahan yang dihabiskan dalam sekali produksi adalah 2 sdm
maizena, 60 g coklat batang, 160 g susu kental putih, 1 liter susu murni, dan 4
sdm gula pasir. Produk SusUIN Ajah dibuat dengan varian rasa strawberry dan
coklat serta dijual dengan harga sama yaitu Rp 1500. Adapun modal yang
diperoleh merupakan iuran anggota produksi.
BAB IV. ANALISIS SWOT
Hal yang perlu diperhartikan dalam
usaha yang akan dikembangkan ialah aspek-aspek yang berpengaruh terhadap usaha
tersebut. Aspek yang perlu diperhatikan diantaranya adalah aspek kekuatan (strength), kelemahan (weakness), kesempatan (opportunity), dan ancaman (threat). Analisis dilakukan dengan
tujuan agar usaha dapat berjalan lancar sesuai dengan apa yang direncanakan.
1.
Strength
a.
Usaha minuman es susu
dan susu murni tidak perlu mengeluarkan modalyang besar.
b.
Bergizi dan enak.
c.
Mudah dalam
memproduksi dan mempromosikan produk.
d.
Jumlah karyawan yang
dibutuhkan tidak perlu banyak untuk skala industri rumah .
e.
Kemasan lebih praktis.
f.
Lebih murah dibanding
susu pabrik.
2.
Weakness
a.
Sudah banyak produk
susu kemasan dari pabrik.
b.
Karena tidak diberi
pengawet, maka susu tidak bertahan lama, hanya sekitar2-3 hari saja..
3.
Opportunities
a.
Banyak konsumen yang
menggemari susu murni.
b.
Belum ada penjual susu
murni dan es susu di sekitar tempat produksi.
4.
Threat
a.
Daya tahan susu yang
tidak lama.
b.
Produsen susu kemasan
yang sudah banyak.
No comments:
Post a Comment