Monday, January 20, 2020

PROPOSAL PEMASARAN MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS



PROPOSAL PEMASARAN
MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS

HALAMAN JUDUL



DISUSUN OLEH:

NAMA           : SITINA WANTI  BR MENDROFA
KELAS          : X ADP







SMK KANSAI PEKANBARU
2019

DAFTAR ISI








BAB I. PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang

Susumerupakanminuman yang hampirdigemariolehseluruhmasyarakat di seluruhdunia, baikanak-anakmaupun orang dewasa.Bukantanpaalasansususangatdigemari, selainmemiliki rasa enak yang khas, susujuga kaya akannilaigizi. Dikatakanbergizitinggikarenasusubanyakmengandungzatgizi, diantaranya protein, karbohidrat, lemak, vitamin danbeberapa mineral. MenurutSyariefdanHalid (1993), biladitinjaudarikomposisigizi, air susumerupakanminumanbergizitinggi, khususnyakarenamengandung protein yang bernilaitinggisertamempunyai aroma spesifikkhassusu. Komposisisusuterdiridari air (87,75 %), lemak (3,6 %), protein (3,4 %), karbohidrat (4,5 %), danmineral (0,75 %). Karenaitu, tidakheransusutergolongminuman yang menyehatkan.
Susumenjadisalahsatupendukungpolahidupsehat, sehinggasususangatpentinguntukdikonsumsi. Pentingnyamengkonsumsisusudapatdilihatdanditinjaudarigencarnyagerakanminumsusu yang digalakkan di berbagaidunia, termasuk di Indonesia. Indonesia mulaimenggalakkankonsumsisusupadatahun 50-an dalam program EmpatSehat Lima Sempurna, dimanasusumenjadipenyempurnadarimakanan yang kitakonsumsi.
Menurut data KementrianPerindustrianRepublik Indonesia, konsumsisusumasyarakat Indonesia terbilangrendahataukisaran 11,09 liter per kapita per tahundibandingkansejumlahnegara di ASEAN yang mencapailebihdari 20 liter per kapita per tahun. Rendahnyadayakonsumsitersebutdikarenakanbanyakfaktor, salahsatunyayaitususu yang kurangmenarikatau rasa bosanterhadapteksturdan rasa darisusu. Adapunprodukolahansusubiasanyadipatokdenganharga yang cukupmahal. Penyebabrendahnyadayakonsumsisusuinitentumenjadipermasalahanbersama yang perludibenahidandicarikansolusi.
Salah satusolusinyatentumenyediakanprodukolahansusudenganharga yang terjangkaunamunenak. Sebagaigenerasibangsadanmendukunggerakanminumsusu di Indonesia, makadibuatlahlangkahsolutifyaituprodukolahansusubernamaSusUINAjah. SusuinAjahmerupakanprodukberbahandasarsusudancampurancoklat, sertabahanpilihan yang disajikandalamsensasidingin. SusUINAjahmemiliki slogan “Susuku, Susumu, Susu Kita” yang dapatdimaknaisebagaibentukdukunganpenuhterhadapkonsumsiprodukolahansusu yang enakdaninovatif, namunmerakyatkarenaharga yang tergolongmurah.

B.     Visi dan Misi

1.        Visi
a.    Menjadi produsen es lilin varian rasa yang menarik, menyegarkan, halal dan berbeda dari pada yang lain namun dengan harga yang tetap terjangkau dikalangan mahasiswa.
b.    Menjadi produk jajanan yang paling dicari-cari oleh semua kalangan terutama mahasiswa karena dibandrol dengan harga yang ekonomis.
2.        Misi
a.       Meningkatkan daya saing dengan tetap fokus pada kualitas, efisiensi dan inovasi yang berkelanjutan.
b.      Bersaing dalam kualitas dengan cara selalu menjaga pengawasan yang ketat terhadap proses pemilihan bahan baku sampai produk jadi, sehingga bisa mendapatkan kepercayaan dari konsumen.
c.       Menjaga konsistensi rasa dan juga takaran bahan baku meskipun harga bahan baku sedang naik turun tak menentu.
d.      Selalu meningkatkan kinerja dengan cara bekerja secara konsisten dan dengan tetap memanfaatkan relasi sekaligus memperluas distribusi pemasaran. Sehingga dapat lebih memperkenalkan produk kepadamasyarakat umum.

C.    Tujuan

Tujuan dari usaha pembuatan produk “SusUINAjah” yaitu:
1.      Menciptakan varietas es lilin model baru, dengan menggunakan susu murni asli.
2.      Dapat menjaga kelangsungan usaha dan dapat mengembangkannya.
3.      Menambah ilmu baru dan wawasan dalam memulai suatu usaha.
4.      Mendapatkan keuntungan.


BAB II. GAMBARAN PRODUK


A.     IdentitasProduk

Produk ini merupakan inovasi bersama yang diciptakan oleh mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta program studi Pendidikan Kimia. Produk yang ditawarkan oleh pemilik usaha berupa campuran susu murni dan coklat yang dikemas dalam bentuk es lilin dan diberi nama “SusUIN Ajah”, dengan slogan Susuku Susumu Susu Kita Susuin Ajah.

B.     Kemasan

Berikutadalahadalah logo dariprodukSusUINAjah:
BerikutadalahgambaranpackingdariprodukSusUINAjah:
Berikutinimerupakangambaranmockupdalambentukeslilin:

BAB III. METODE PEMASARAN


A.    StrategiPemasaran

Strategi yang dilakukanolehpemilikusahayaitumelaluisosial media (online) dandoor to door.Sosialmedia yang digunakanpemilikusahayaituinstagramdenganusername@susuin_ajah.Selainitudigunakanjugapromosimelaluiakunsosial media lainnyasepertiwhatsapp, line, dan lain sebagainya.Promosidilakukan pula olehpemilikusahabesertaanggotadalamakunsosial media pribadi.Sedangkanstrategidoor to dooryaitumenawarkansecaralangsungproduktersebutkepadapembeli.Adapunsasaranpembeli yang paling utamayaitumahasiswa.Pemilikusahaakanmenawarkanproduksecaralangsungkepadapembelisepertitemankuliah, temaskos, temanoraganisasi, saudara, dll.  Selainitu, usaha yang dilakukanolehpemilikusahayaituakanmenawarkanproduksetiapadakeramaiandalamacara-acaratertentuseperti SUNMOR (Sunday Morning), Car Free Day, dll. Pemilikusahamenjagakualitasdankeunggulansertakonsistensi rasa dariproduk yang dibuat, agar produkSusUINAjahtidakkalahsaingdenganeslilinlainnya.Strategilain yang mungkinakandilakukanpemilikusahayaitumenyebarkanbrosurkepadamahasiswadanmasyarakatumummengenaiproduk yang ditawarkan. Selainitu,melaluisosialmedia digencarkantentangtestimonipembeliterhadapprodukSusUINAjah.

B.     ManajemenPemasaran

Usaha inimemiliki 5 orang sebagaitenagakerja.Adapunbeberapabagiantenagakerja yang dibutuhkanadalah:
1.      BagianProduksiAwal
Berikutdeskripsitugasnya:
a.       Mengumpulkandanaiurananggotaproduksiuntuk modal.
b.      Menentukanbanyaknyabahan yang dibeli.
c.       Menemukanbahandenganharga paling minimal darihargapasaran.
d.      Mendesaindanmencetakbrandingdan logo kemasan.
2.      BagianProduksi
Berikutdeskripsitugasnya:
a.       Menentukantakaranbahan-bahan yang diperlukan, sepertimaizena, gulapasir, susumurni, susukental, dancoklat.
b.      Menentukanjumlahes yang akandiproduksi.
c.       Menentukankualitas rasa produkhinggalayakdijual.
d.      Menempelstikerdanmenatakemasansupayamenarik.
e.       Menyimpanbahansisaproduksi.
f.       Menyediakantempatuntukproduksi.
3.      BagianPemasaran
Berikutdeskripsitugasnya:
a.       Pemasaran Online
1)      Mengelolaakunsosial media denganbaik (Instagram: @susuin_ajah)
2)      Menerapkanteoripemasaran digital marketing.
3)      Aktifdalammengelolaakunsosial media.
4)      Melayanikonsumendenganbaiksecaralangsungmaupuntidaklangsung.
b.      Pemasaran Offline
1)      Mengadakansistem promo padaawalproduksisebagaipengenalanproduk.
2)      Memasarkanprodukdenganmenawarkankepadateman-teman di kampus, organisasi, tetangga, saudara, dantemansepemukiman, sertamemanfaatkaneventtertentu di kampus.
3)      Melayanikonsumendenganbaik.

C.    Sarana dan Prasarana

1.             Lokasi Usaha
Lokasi tempat usaha ini berada di area pusat kota Yogyakarta yang akan dipasarkan di area kampus dan membuka delivery order di sekitar kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
2.             Ketersediaan sumber daya manusia (SDM)
Pengelolaan usaha ini tidak membutuhkan keahlian dan pengalaman terlalu banyak karena cara pembuatan produk yang gampang, sehingga tenaga kerja yang digunakan dalam proses produksi dan pemasaran adalah mahasiswa-mahasiswi yang sedang menempuh studi di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
3.             Sistem Manajemen Usaha
Sistem manajemen dalam usaha akan dikelola oleh pemilik usaha dengan keputusan  bersama sebagai keputusan yang diambil. Jadi, yang memimpin jalannya usaha adalah pemilik usaha ini.

D.    AspekKeuangan

Anggaran awal yang diperlukan untuk usaha ini adalah sebagai berikut:
No
Rincian
Jumlah
Harga
1
Plastikes
1 pcs (4,5x17)
Rp   4000
2
Stiker
1 lembar (A3+)
Rp 11000
3
Maizena
1 pcs (150 g)
Rp   5000
4
Coklatbatang
1 pcs (250 g)
Rp 15000
5
Susukentalputih
1 kaleng (370 g)
Rp 10000
6
Susumurni
2 liter
Rp 14000
7
Gulapasir
0,25 kg
Rp   4500
Total
Rp 63500

Produk SusUINAjah akan dijual dengan harga satuan sebagai berikut:
Produk
@Modal
@HargaJual
@Laba
SusUINAjah
Rp  1150
Rp  1500
Rp  350

Jumlah sekali produksi kurang lebih 30 es. Bahan yang dihabiskan dalam sekali produksi adalah 2 sdm maizena, 60 g coklat batang, 160 g susu kental putih, 1 liter susu murni, dan 4 sdm gula pasir. Produk SusUIN Ajah dibuat dengan varian rasa strawberry dan coklat serta dijual dengan harga sama yaitu Rp 1500. Adapun modal yang diperoleh merupakan iuran anggota produksi.

 



BAB IV. ANALISIS SWOT


Hal yang perlu diperhartikan dalam usaha yang akan dikembangkan ialah aspek-aspek yang berpengaruh terhadap usaha tersebut. Aspek yang perlu diperhatikan diantaranya adalah aspek kekuatan (strength), kelemahan (weakness), kesempatan (opportunity), dan ancaman (threat). Analisis dilakukan dengan tujuan agar usaha dapat berjalan lancar sesuai dengan apa yang direncanakan.
1.             Strength
a.             Usaha minuman es susu dan susu murni tidak perlu mengeluarkan modalyang besar.
b.             Bergizi dan enak.
c.             Mudah dalam memproduksi dan mempromosikan produk.
d.            Jumlah karyawan yang dibutuhkan tidak perlu banyak untuk skala industri rumah .
e.             Kemasan lebih praktis.
f.              Lebih murah dibanding susu pabrik.
2.             Weakness
a.             Sudah banyak produk susu kemasan dari pabrik.
b.             Karena tidak diberi pengawet, maka susu tidak bertahan lama, hanya sekitar2-3 hari saja..
3.             Opportunities
a.             Banyak konsumen yang menggemari susu murni.
b.             Belum ada penjual susu murni dan es susu di sekitar tempat produksi.
4.             Threat
a.             Daya tahan susu yang tidak lama.
b.             Produsen susu kemasan yang sudah banyak.

No comments:

Post a Comment