Tuesday, October 3, 2017

KELAINAN PADA SISTEM SARAF

KELAINAN DAN PENYAKIT PADA  SISTEM KOORDINASI MANUSIA
A.    KELAINAN DAN PENYAKIT PADA SISTEM SARAF
1.     Amnesia
Amnesia merupakan gangguan otak dimana kondisi terganggunya daya ingat dan juga ketidakmampuan membayangkan masa depan dan akan menyebabkan penderita selalu terbayang peristiwa yang telah terjadi dan terlupakan jika bertemu kembali dengan  sesuatu yang terlupakan tersebut.
GEJALA :
Gejala yang dapat dilihat adalah penderita tidak mampu mempelajari hal-hal baru atau mengingat hal-hal sebelumnya.penderita juga mengalami hambatan pada fungsi sosial dan pekerjaan.meski demikian pemeriksaan medis lebih akurat untuk mengetahui penderita mengalami amnesia atau gangguan otak lain.
PENGOBATAN :
Walaupun amnesia sangat sulit atau bahkan tidak dapat diobati, tetapi kita dapat melakukan langkah-langkah berikut untuk penanganannya.penanganan pada penderita amnesia dapat dilakukan dengan pendekatan suportif.pendekatan berupa mendekatkan  hal-hal yang  berkaitan baik waktu dan tempat yang pernah atau sedang dialami penderita.
PENCEGAHAN :
Karena kerusakan otak dapat menjadi akar penyebab amnesia, penting untuk mengambil langkah-langkah untuk mengurangi kemungkinan anda untuk cedera otak:
·         Hindari penggunaan alkohol yang berlebihan.
·         Kenakan helm ketika bersepeda dan sabuk pengaman saat berkendara.
·         Mengobati infeksi dengan cepat sehingga tidak memiliki kesempatan untuk menyebar ke otak.
2.     Epilepsi
Epilepsi adalah kelainan pada neuron-neuron di otak sehingga otot-otot berkontraksi secara tidak terkontrol.epilepsi disebabkan oleh kerusakan otak yang terjadi saat kelahiran, infeksi, toksin, kecelakaan dan lainnya.namun, epilepsi dapat ditangani dengan memberikan obat-obatan antipiretik.
GEJALA :
1.      Kejang dapat berupa kejang setempat ( fokal ) atau pada seluruh tubuh.
2.      Gangguan aktivitas, gerakan abnormal, atau gerakan yang aneh, misalnya sering jatuh tanpa sebab, senang  memukul, mendadak diam atau mulut berkomat-kamit dan lidah berkecap-kecap.
3.      Gangguan atau geraan abnormal pada mata.
4.      Nyeri.
5.      Gangguan berbicara.
6.      Halusinasi.
7.      Melakukan sesuatu dengan spontan.
PENGOBATAN :
Penanganan andalan untuk epilepsi adalah dengan pemberian obat antikonvulsan, dengan kemungkinan pemberian seumur hidup.pemilihan penggunaan antikonvulsan tergantung pada tipe kejang, sindrom epilepsi, pengobatan lain yang digunakan, masalah kesehatan lainnya, dan usia serta gaya hidup penderita.pada awalnya direkomendasikan pengobatan tunggal;bila tidak efektif, direkomendasikan beralih ke pengobatan tunggal lainnya.dua jenis pengobatan sekaligus hanya direkomendasikan bila pengobatan tunggal tidak bekerja dengan baik.pada  kurang lebih setengahnya, agen pertama efektif;agen tunggal kedua membantu sekitar 13% dan yang ketiga atau dua agen pada waktu bersamaan mungkin memberi tambahan bantuan sebanyak 4%.sekitar 30% dari penderita tetap mengalami kejang walaupun sudah mendapatkan penanganan dengan antikonvulsan.
Terdapat berbagai pengobatan yang tersedia.fenitoin, carbamazepin dan valproat tampaknya memberikan pengaruh yang sama pada kejang fokal dan yang umum.pelepasan terkontrol dari carbamazepin juga tampaknya bekerja dengan baik sebagaimana pelepasan langsung carbamazepin, dan mungkin hanya memberikan sedikit efek samping.di inggris, carbamazepin atau lamotrigin direkomendasikan sebagai pengobatan lini pertama untuk kejang fokal, dengan leviterasetam dan valproat sebagai lini kedua atas pertimbangan masalah biaya dan efek sampingnya.valproat direkomendasikan sebagai pengobatan lini pertama untuk kejang secara umum dengan lamotrigin sebagai pengobatan lini kedua.pada penderita yang tidakk disertai kejang, direkomendasikan penggunaan etosuksimid atau valproat;valproat pada umumnya efektif untuk kejang mioklonik dan  kejang tonik atau atonik.bila kejang telah terkontrol dengan baik dengan penanganan tertentu, biasanya tidak selalu diperlukan pemeriksaan rutin kadar obat dalam darah.
Jenis antikonvulsan yang lebih ekonomis adalah fenobarbital dengan harga sekitar Rp.60.000 satu tahun.the world health organization ( organisasi kesehatan dunia ) menjadikannya rekomendasi lini pertama dinegara berkembang dan sangat umum dipakai disana.akses untuk  mendapatkannya mungkin sulit karena sejumlah negara menggolongkannya sebagai obat dengan pengontrolan.
Efek samping dari obat ini dilaporkan pada 10 hingga 90% penderita, tergantung pada cara dan sumber data yang dikumpulkan.kebanyakan efek yang merugikan berhubungan dengan tingkat dosis yang diberikan dan sifatnya ringan.beberapa %berjalan yang tidak stabil.sejumlah obat memberikan efek samping yang tidak berhubungan dengan dosis seperti misalnya ruam, keracunan hati, atau penekanan sum-sum tulang.hingga seperempat penderita menghentikan pengobatan karena efek  merugikan ini.sejumlah pengobatan dihubungkan dengan terjadinya cacat lahir bila digunakan pada  saat hamil.valproat juga dikhawatirkan seperti ini, terutama selama trimester pertama.walaupun demikian, pengobatan  dilanjutkan ketika sudah memberikan respon efektif, karena resiko epilepsi yang tidak ditangani dengan baik akan lebih berbahaya dibandingkan dengan risiko yang ditimbulkan dari pengobatan itu sendiri.
Menghentikan pengobatan secara perlahan dapat dilakukan pada  penderita yang tidak mengalami kejang selama dua hingga empat tahun, namun demikian, sepertiga dari penderita mengalami kejang kembali, pada umumnya selama enam  bulan pertama.penghentian pengobatan dimungkinkan pada kurang lebih 70% anak-anak dan 60% dewasa.
PENCEGAHAN :
Walaupun banyak kasus yang tidak dapat dicegah, usaha untuk mengurangi cedera kepala, yaitu dengan penanganan yang baik  untuk wilayah sekitar kepala saat kelahiran, dan menekan parasit dari lingkungan seperti misalnya cacing pita dapat memberikan hasil yang efektif.langkah yang dilakukan di salah satu wilayah amerika tengah untuk menurunkan tingkat infeksi cacing pita telah berhasil menurunkan kasus baru epilepsi hingga 50%.
3.     Stroke
Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika pasokkan darah ke otak terputus akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah, sehingga terjadi kematian sel-sel  pada sebagian area diotak.stroke adalah kondisi kesehatan yang serius yang membutuhkan penanganan cepat.
GEJALA :
§  Cara bicara penderita yang tidak jelas atau kacau, bahkan ada juga penderita yang tidak bisa bicara  sama sekali walaupun mereka terlihat terjaga.
§  Mata dan mulut pada salah satu sisi wajah penderita terlihat turun.
§  Lengan si penderita mengalami  kelumpuhan saat  terseranng stroke, maka dari itu mereka tidak mampu mengangkat salah satu atau bahkan kedua  lengannya.
§  Kesulitan  menelan.
§  Masalah pada  keseimbangan dan koordinasi.
§  Masalah komunikasi, seperti sulit bicara daan memahami ucapan orang lain.dapat terjadi ketidakmampuan berbicara secara total.
§  Pusing dan pingsan.
§  Hilang penglihatan secara tiba-tiba atau penglihatan menjadi ganda.
§  Sakit kepala hebat yang  datang secara tiba-tiba, disertai kaku pada leher.dapat terjadi sakit kepala berputar ( vertigo ).
§  Mual dan muntah.
§  Kelumpuhan pada salah satu sisi tubuh.
§  Baal pada salah satu sisi tubuh.
§  Penurunan kesadaran.
PENGOBATAN :
Pengobatan tergantung pada jenis stroke.jenis stroke ditemukan dengan melakukan scan otak darurat-biasanya CT scan.
Stroke karena pembuluh darah tersumbat:jika pasien tiba  di rumah sakit cukup awal, obat untuk melarutkan bekuan darah dapat diberikan melalui pembuluh darah.ini disebut trombolisis, dan dapat diberikan sampai dengan 4 ½ jam setelah timbulnya gejala.di  pusat-pusat khusus dengan fasilitas modern dapat dipertimbangkan.jika opsi ini tidak mungkin perawatan berfokus pada meminimalkan kerusakan lebih  lanjut dan mencegah oklusi lebih lanjut.ini umumnya meliputi:
Perawatan ICU,pada tahap awal, untuk memantau fungsi tekanan darah, suhu, saturasi oksigen dan otak, sehingga penyimpangan yang dapat segera hadir.
Obat untuk mencegah pembekuan lebih lanjut.ini termasuk aspirin, dipyridamole dan clopidogrel, dan umumnya dapat terus seumur hidup.
Mengidentifikasi dan mengobati penyebab kerusakan pembuluh darah-tekanan darah  tinggi, diabetes, penyakit jantung, dll.hal  ini akan membantu untuk mencegah stroke lebih lanjut.
Stroke karena pembuluh darah pecah:pengobatan akan berfokus pada meminimalkan kerusakan otak dengan memberikan obat—obatan yang mengurangi penggumpalan di otak.tekanan darah harus dikendalikan.perawatan ICU penting pada tahap awal.
PENCEGAHAN :
§   Berhenti merokok.
§   Mengontrol tekanan darah ( secara berkala cek tekanan darah ).
§  Menjaga berat badan yang sehat.
§  Makan makanan yang sehat.
§  Berolahraga secara teratur.
§  Prognosis dan pemulihan bagi orang yang telah menderita stroke ( tergantung cedera pada otak bagian mana ).
4.     Parkinson
Parkinson adalah degenerasi sel saraf secara bertahap pada otak bagian tengah yang berfungsi mengatur pergerakan tubuh.gejala yang banyak diketahui orang dari penyakit ini adalah terjadinya tremor atau gemetaran.sedangkan gejala awalnya biasanya sulit dikenali.
GEJALA :
§  Merasa lemah atau terasa  lebih kaku pada sebagian tubuh.
§  Gemetaran halus pada salah satu tangan saat beristirahat.
§  Tremor makin parah dan menyebar.
§  Otot terasa kaku dan tidak fleksibel.
§  Pergerakan menjadi lambat.
§  Berkurangnya keseimbangan dan juga koordinasi tubuh.
PENGOBATAN :
1.       Medikamentosa
Obat parkinson mulai diberikan saat pasien merasa terganggu dengan gejala yang ada atau pasien ingin diberi tetapi setelah mendapat penjelasan tentang penyakit parkinson.terapi yang diberikan sesuai gejala yang timbul dengan memperhatikan efektivitas optimal dan efek samping minimal sesuai dengan harapan pasien/keluarga pasien.
§  Obat parkinson antagonis reseptor dopamin-D2.
Obat-obatan neuroleptik bermanfaat untuk pengobatan tik.risperindon, olanzapin dan ziprasidon memberikan efek klinis yang kurang lebih  sama dengan neuroleptik klasik tetapi dengan efek samping yang relatif kecil.
§  Obat parkinson agonis dopamin.
Bromokriptin membantu mengurangi frekuensi tik, umumnya terjadi dalam beberapa minggu pertama pengobatan.
§  Obat parkinson lain.
Guaifenesin, klonidin, norepinephrine, repuptake inhibitor ( desipramin ), injeksi toksin botulinum ( botox ) dan calofen ( mungkin dapat menjadi pilihan utama pada pasien dengan tik distonia ), tetrabenazin, benzodiazepin ( klonazepam ), levetiracetam, SSRI ( klomipramin dan fluoksetin ), ondanseron, naltrekson/nalokson, kannabinoid.
2.      Bedah saraf
Pengobatan penyakit parkinson dengan bedah saraf stereotatic baik dengan pemasangan stimulator otak atau dengan mengeksisi jaringan, jarang dilakukan untuk pengobatan pasien tik.
3.      Diet
Beberapa makanan tambahan yang digunakan sebagai obat mungkin memperberat efek tik ( obat parkinson herbal yang banyak mengandung efedrin, gingko, kafein, guarana dan komponen lainnya ).
4.      Pengobatan lain
Terapi perilaku bertujuan memberikan pemahaman, sehingga tik dapat direspons secara terarah.terapi ini memberikan hasil yang memuaskan.
PENCEGAHAN :
§  Hindari pestisida.
§  Makanan organik.
§  Mencuci sayur dan buah.
§  Hindari polusi udara.
§  Hindari racun.
§  Hindari trauma di kepala.
§  Hindari stress.
5.     Neuritis
Neuritis adalah adanya gangguan pada sistem saraf atau radang pada saraf yang disebabkan oleh adanya pukulan, patah tulang dan keracunan atau kekurangan vitamin B.
GEJALA :
Jika seseorang menderita penyakit neuritis maka otomatis penderita akan merasakan nyeri pada bagian tubuh atau daerah tertentu karena adanya kerusakan pada sistem saraf yang kemudian menyebabkan adanya kelainan pada sel dan akhirnya akan berakibat fungsi saraf tidak normal.
PENGOBATAN :
Jika anda merupakan salah satu penderita penyakit neuritis atau adanya peradangan pada sisitem saraf, maka yang perlu anda lakukan untuk mengobati penyakit ini adalah dengan terapi pada dokter saraf secara teratur, karena penyakit ini tidak dapat sekaligus sembuh.
PENCEGAHAN :
Penyakit saraf memang merupakan penyakit yang paling ditakuti karena akan berhubungan dengan bagaimana fungsi tubuh yang lainnya.untuk dapat mencegah penyakit neuritis maka yang perlu anda lakukan adalah hindari adanya benturan pada bagian tubuh anda terutama daerah kepala dann leher yang memiliki saraf lebih banyak.sering-seringlah mengkonsumsi buah seperti sirsak dan manggis karena kedua ini memiliki zat yang terkandung di dalamnya yang berguna untuk perbaikan saraf.
B.     KELAINAN DAN PENYAKIT PADA ALAT INDRA MANUSIA
a.     Indra mata
1.     Miopi ( rabun jauh )
Miopi atau rabun jauh adalah kesalahan bias pada mata karena gangguan penglihatan, sehingga membuat mata kehilangan fokus dan kesulitan untuk melihat objek benda yang jauh.penderita miopi hanya dapat melihat  suatu objek benda dengan jelas apabila objek benda tersebut berjarak dekat.ketika objek benda tersebut memiliki jarak yang jauh, maka penglihatan pada penderita miopi akan tampak kabur.
GEJALA :
Gejala miopi yang umumnya muncul adalah mata kabur ketika melihat objek benda dalam jarak yang jauh.seiring dengan bertambahnya usia maka kemampuan mata akan mengalami penurunan dan membentuk katarak ketika lanjut usia.gejala miopi yang muncul pada masa kanak-kanak:
§  Penglihatan kabur ketika melihat objek benda yang jauh.
§  Sakit  kepala karena mata  terlalu tegang.
§  Pandangan mata yang buruk ketika malam hari.
§  Terlalu sering mengedipkan mata.
§  Terlalu sering menggosok mata dengan tujuan agar mata yang tadinya kabur menjadi lebih jelas.
§  Tidak menyadari keberadaan objek dalam jarak jauh.
PENGOBATAN :
§  Menggunakan kacamata atau lensa kontak.
§  Operasi menggunakan sinar laser.
§  Implan lensa buatan.
PENCEGAHAN :
§  Melakukan latihan mata setiap hari, seperti melihat berbagai objek pada jarak  yang berbeda ( jauh dan dekat secara  bergantian ), mengedipkan mata secara normal ( tidak terlalu cepat dan lambat ), menutup mata dengan telapak tangan,  serta melihat benda bergerak.hal ini untuk melatih kornea mata agar bisa lentur.kurangi waktu melihat layar ponsel atau komputer, terutama saat didalam tempat yang gelap.
§  Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan bergizi, terutama yang bermanfaat menunjang penglihatan seperti salmon, alpukat, bawang putih, bawang merah, telur, bayam, wortel, jeruk, sayuran berdaun hijau, dan lain-lain.
§  Nikmatilah pemandangan alam yang luas dan hijau.anda mungkin harus sering bepergian ke pegunungan untuk melihat pohon-pohon hijau, atau pulang kedesa kampung halaman untuk melihat persawahan.selain itu, pemandangan laut yang luas juga mengurangi mata minus.
§  Menggunakan kacamata dengan lensa terpolarisasi adalah terapi yang sangat bagus untuk mengurangi silau.
2.     Hipermetropi ( rabun dekat )
Hipermetropi adalah rabun dekat yang berarti bahwa seseorang dapat melihat objek yang jauh, tetapi  kabur untuk penglihatan jarak dekat.istilah lain dari rabun dekat adalah hyperopia atau mata plus.
GEJALA :
§  Ketegangan.
§  Kelelahan.
§  Penglihatan kabur saat melihat dekat.
§  Menyipitkan mata agar bisa melihat lebih jelas.
§  Sensasi sakit atau terbakar di sekitar mata.
§  Sakit kepala setelah membaca atau tugas-tugas lain yang mengharuskan untuk fokus pada objek yang dekat.
PENGOBATAN :
§  Kacamata atau lensa kontak.
§  Operasi.
PENCEGAHAN :
§  Mengkonsumsi makanan yang bergizi  tinggi.
§  Memakai pencahayaan yang baik ketika sedang membaca.
§  Kenakan pelindung mata dari sinar matahari secara langsung.
§  Istirahatkan mata setelah terlalu lama membaca.

3.     Presbiopi ( mata tua )
Mata tuaa adalah suatu kondisi yang menyebabkan penderitanya mengalami gangguan atau  penurunan daya penglihatan dan sangat biasa terjadi pada usia lanjut ( orangtua ).
GEJALA :
§  Kelelahan mata atau sakit kepala setelah membaca atau melakukan berbagai pekerjaan dengan jarak yang dekat.
§  Mengalami kesulitan membaca tulisan kecil.
§  Membutuhkan pencahayaan terang ketika membaca atau melakukan pekerjaan.
§  Mata menjadi merah, berair, dan sering terasa pedih.
§  Sulit membedakan warna.
PENGOBATAN :
Cara pengobatan yang paling tepat untuk mengatasi presbiopi ialah dengan mengkonsumsi produk herbal yaitu eye care softgel.
Eye care softgel adalah suplemen kesehatan mata alami, diciptakan dari perpaduan herbal terbaik seperti ekstrak blueberry 35%, eyebright 25%, ekstrak gingkgo biloba 15%, lutein 5%, riboflavin 3%, taurine 3%, ekstrak biji anggur 10%, VA 1%,zink 3%.
Produk ini dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan mata, memperbaiki sirkulasi dibagian mata, menjaga kesehatan kapiler, mengurangi lelah, sakit dan kering pada mata.melindungi lensa mata, mencegah penurunan daya penglihatan, mencegah glaukoma pada orang tua, katarak dan presbyopia.mencegah mata kering, mata merah, mata gatal, rabun jauh, dll yang disebabkan oleh penggunaan mata yang terlalu lama maupun radiasi dari komputer atau TV.
PENCEGAHAN :
Karena disebabkan oleh faktor usia, presbiopi  tidak  bisa dicegah.
4.     Katarak
Katarak adalah sejenis kerusakan mata yang menyebabkan lensa mata berselaput dan rabun.
GEJALA :
§  Pandangan mata yang kabur, suram atau seperti ada bayangan awan atau asap.
§  Sulit melihat pada malam hari.
§  Sensitif pada cahaya.
§  Terdapat lingkaran cahaya saat memandang sinar.
§  Membutuhkan cahaya terang untuk membaca atau ketika beraktivitas.
§  Sering mengganti kacamata atau lensa kontak karena ketidaknyamanan tersebut.
§  Warna memudar atau cenderung menguning saat melihat.
§  Pandangan ganda jika melihat  dengan satu mata.
PENGOBATAN :
Operasi katarak.
PENCEGAHAN :
§  Jangan merokok.
§  Makan makanan dengan gizi seimbang.
§  Lindungi mata anda dari pancaran sinar matahari.
§  Menjaga kesehatan tubuh secara umum.
5.     Rabun senja
Rabun senja adalah keadaan mata yang tidak mampu melihat dalam keadaan redup.
GEJALA :
§  Mata membutuhkan lebih banyak waktu untuk beradaptasi ketika datang dari daerah yang terang benderang kedaerah yang gelap gulita.
§  Orang mungkin tidak kuat menonton televisi atau membaca buku terlalu lama.
§  Kesulitan untuk melihat di malam hari dan kesulitan untuk melihat dalam pencahayaan kurang merupakan gejala utama dari rabun senja.
§  Orang yang rabun senja mungkin menderita mata kering.
§  Penderita penyakit ini sering mengeluhkan tentang penglihatan yang kabur dan mungkin juga memiliki gangguan penglihatan yang kurang baik ketika objek mendapaat pencahayaan.
§  Orang dengan rabuun senja mungkin tidak dapat melihat bintang-bintang dilangit yang cerah di malam hari.
§  Seseorang dengan gejala rabun senja dapat mengalami kesulitan mengemudi dimalam hari.
§  Seseorang dengan penyakit mata ini memerlukan cahaya ekstra untuk membaca.
§  Penderita rabun senja tidak akan bisa mengenali gambar dalam cahaya yang redup.
§  Tidak bisa melihat jalan dimalam hari.
PENGOBATAN :
Pengobatan untuk rabun senja tergantung dari penyebabnya.jika penyebabnya adalah kekurangan vitamin A,pengobatannya relatif mudah.cukup dengan memastikan tubuh anda mendapat vitamin A yang memadai setiap harinya.pada umumnya asupan vitamin A yang diperlukan tubuh sekitar 5.000 international unit ( IU ) perhari.asupan vitamin A ini dapat diperoleh dari makanan seperti susu, telur, hati, daging, ayam, sayuran hijau, wortel, ubi, bayam, brokoli, mangga,dan tomat.apabila rabun senja anda  disebabkan oleh rabun jauh, maka pastikan kacamata yang anda gunakan memiliki ukuran  yang tepat dengan minus mata anda.sedangkan untuk mengatasi rabbun senja yang diakibatkan oleh efek samping obat-obatan glaucoma, ada baiknya anda beraih obat  agar efek samping ini dapat dihindari.operasi pun dapat menjadi solusi bagi anda yang menderita katarak dan rabun senja.
PENCEGAHAN :
§  Makanan sehari-hari kita harus mencakup vitamin A, telur, buah, sayuran, dan produk susu.
§  Gunakan kacamata saat mengalami kesulitan penglihatan untuk mencegah kondisi menjadi  lebih parah.
§  Operasi  katarak.
§  Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter apabila terjadi kesulitan melihat pada malam hari atau di  tempat-tempat dengan lingkungan cahaya rendah.
b.     Indra telinga
1.      Tinnitus
Tinnitus adalah bunyi berdenging pada telinga.ini bukanlah sebuah penyakit, melainkan gejala dari kondisi kesehatan tertentu, seperti cedera telinga, gangguan pada sistem sirkulasi tubuh, atau menurunnya fungsi pendengaran yang muncul sering bertambahnya usia.
GEJALA :
Tinnitus umumnya ditandai dengan munculnya bunyi berdenging pada telinga, tetapi bisa juga berupa  bunyi berdesis, atau bahkan siulan.bunyi ini bisa  terdengar pada salah satu atau kedua telinga orang yang mengalaminya.sebagian besar bunyi tinnitus hanya bisa didengar oleh penderitanya.meski demikian, terkadang ada juga yang bisa terdengar oleh dokter yang memeriksa kondisi telinga pasien.
Tinnitus umumnya bukan kondisi yang serius dan bisa membaik dengan sendirinya.tetapi tidak ada salahnya kita tetap waspada dan memeriksakan kondisi telinga ke dokter, terutama jika :
§  Bunyi tersebut mengganggu ketenangan atau aktivitas sehari-hari, misalnya menjadi sulit tidur atau mengalami depresi.
§  Tinnitus muncul setelah kita mengalami infeksi pada saluran pernapasan atas  ( misalnya flu ), dan tidak kunjung membaik dalam kurang waktu 7 hari.
§  Tinnitus disertai dengan pusing atau kehilangan pendengaran.
PENGOBATAN :
Tiap penderita tinnitus membutuhkan cara penanganan yang berbeda, tergantung pada faktor penyebab tinnitus.contohnya :
§  Dokter akan mengganti obat yang digunakan jika tinnitus yang muncul merupakan efek samping dari obat-obatan.
§  Apabila penumpukan  kotoran telinga terbukti menjadi pemicu tinnitus, dokter akan menganjurkan metode pembersihan telinga atau memberikan obat tetes telinga untuk mengatasinya.
Namun jika penyebab tinnitus tidak diketahui, penanganan yang diberikan bertujuan untuk menekan bunyi tinnitus semaksimal mungkin sehingga tidak mengganggu aktivitas  penderita.langkah-langkah tersebut biasanya meliputi :
§  Penggunnaan alat bantu dengar.
§  Prosedur operasi.
§  Terapi suara, misalnya menggunakan bunyi-bunyi lain ( seperti suara radio atau rekaman bunyi hujan ) untuk menutupi bunyi tinnitus yang dialami.
§  Tinnitus retraining therapy ( TRT ).dalam terapi ini, pasien akan dilatih untuk membiasakan diri dengan bunyi tinnitus yang dialami.
§  Terapi perilaku kognitif ( CBT ) agar pola pikir penderita terhadap tinnitus bisa diubah sehingga terhindar dari stres dan depresi.
Di samping melalui terapi medis, ada juga sejumlah  cara yang bisa diterapkan dirumah untuk membantu mengendalikan tinnnitus.beberapa diantaranya adalah dengan sebisa mungkin menghindari pemicu tinnitus jika penyebabnya diketahui, mendengarkan musik yang memenangkan, mencari hobi yang bisa mengalihkan perhatian, mengurangi konsumsi minuman keras, atau melakukan relaksasi ( seperti meditasi dan yoga ).
PENCEGAHAN :
§  Hindari mendekati sumber suara dengan intensitas lebih dari 85 dB.
§  Biarkan telinga beristirahat.lakukan sesuatu yang tidak melibatkan suara yang keras seperti bersepeda di taman.
§  Gunakan pelindung pendengaran.
§  Belilah earplug dan gunakan ketika anda sedang dalam keadaan sekitar yang terpapar suara yang sangat keras.
§  Pastikan anda juga melindungi anak-anak anda dari suara bising dengan menggunakan earplug.
§  Turunkan volume suara.
§  Gunakan produk elektronik yang mampu memproduksi suara tidak terlalu keras.
§  Menjaga kesehatan anda.
·         Pastikan anda melakukan check up secara berkala.
·         Konsum secukupnya.
·         Kurangi stres dan kelelahan.
·         Bersihkan kotoran dalam telinga.
·         Dapatkan alternatif lainnya.
2.     Presbikusis
Presbikusis adalah kehilangan pendengaran yang terjadi perlahan-lahan seiring bertambahnya usia.kondisi ini merupakan proses multifaktor, dimana proses penuaan dan paparan suara bising dalam jangka  waktu lama menjadi faktor penyebab utamanya.selain itu, penumpukan kotoran telinga yang berlebihan juga dapat menjadi faktor penyebab kondisi ini.
GEJALA :
§  Kesulitan mendengarkan pembicaraan atau suara lainnya.
§  Sering meminta pada orang lain untuk bicara lebih pelan, lebih jelas, dan lebih keras.
§  Kesulitan memahami perkataan  orang lain, terutama jika ada latar suara yang ribut atau jika berada dalam kerumunan orang.
§  Harus mengeraskan volume suara televisi atau radio.
§  Menjadi tidak suka mengobrol dengan orang lain atau menghindari pertemuan sosial.
PENGOBATAN :
§  Pembersihan kotoran telinga.jika kehilangan  pendengaran disebabkan oleh kotoran yang menyumbat telinga, maka dokter akan melunakkan kotoran tersebut terlebih dahulu dengan menggunakan cairan tertentu, lalu mengeluarkannya dengan cara dikorek atau  disedot.
§  Operasi.jika kehilangan pendengaran disebabkan oleh cedera pada telinga atau infeksi yang berulang, maka tindakan operasi mungkin diperlukan.sebagai contoh, dokter  akan memasukkan sebuah alat kecil berbentuk selang untuk membantu mengeringkan telinga.
PENCEGAHAN :
§  Melindungi telinga ditempat kerja, terutama terhadap suara yang paling keras.anda bisa melindungi telinga dengan busa, atau  dengan alat penyumbat telinga yang terbuat dari plastik atau karet.
§  Melakukan pemeriksaan pendengaran secara rutin jika anda bekerja dilingkungan kerja yang bising.
§  Menghindari aktivitas-aktivitas yang bisa merusak pendengaran ( salah satunya adalah kebiasaan mendengar suara musik dengan volume yang kencang ).
§  Mengonsumsi makanan sehat.hal ini dapat mengurangi risiko terjadinya gangguan kardiovaskular yang juga menjadi salah satu pemicu terjadinya presbikusis.
3.      Gendang  telinga pecah
Gendang telinga pecah adalah istilah umum untuk menjelaskan adanya lubang atau sobekan pada membran timpani, yaitu jaringan tipis yang menyerupai kulit, sebagai pemisah saluran telinga bagian luar dengan telinga bagian tengah.kondisi ini dapat mengakibatkan gangguan berupa hilangnya pendegaran dan infeksi pada telinga bagian tengah.
GEJALA :
§  Sakit telinga yang dapat berlangsung dan berlalu dengan cepat.
§  Tinnitus ( kemunculan suara mendenging didalam telinga ).
§  Vertigo ( pusing parah dengan keadaan sekeliling seperti berputar-putar ).
§  Demam tinggi.
§  Mual atau muntah yang bisa diakibatkan juga oleh vertigo.
§  Kehilangan fungsi pendengaran.
§  Cairan bernanah berwarna bening atau mengandung darah yang keluar dari telinga.
PENGOBATAN :
Penanganan awal secara mandiri sebelum anda mendapatkan pengobatan dari dokter adalah dengan senantiasa menjaga telinga tetap kering.gunakan sumbat telinga anti air yang terbuat dari silicon ketika mandi atau berenang.anda juga bisa menggunakan bola kapas yang dilapisi dengan petroleum jelly untuk menutup telinga bagian luar.
Pada sebagian besar kasus, gendang telinga pecah dapat sembuh dalam beberapa minggu tanpa harus melalui  prosedur medis tertentu.terkait dengan kasus infeksi, dokter akan memberikan resep antibiotik dalam bentuk obat tetes.untuk meredakan sakit telinga, anda dapat menggunakan obat pereda rasa sakit yang bisa diperoleh secara bebas, seperti parasetamol  atau ibuprofen.pada kasus gendang telinga yang tidak kunjung pulih, dokter mungkin akan melakukan tindakan untuk menutup lubang atau sobekan, yaitu dengan cara :
§  Menambal gendang telinga.sebuah bahan kimia akan dioleskan pada pinggiran lubang untuk merangsang pertumbuhan jaringan, lalu menutup area lubang dengan tambalan.prosedur ini dapat dilakukan berulang kali hingga lubang menutup.
§  Bedah timpanoplasti atau myringoplasty.prosedur pembedahan ini tidak mengharuskan pasien untuk menginap di rumah sakit.dokter akan melakukan  pencangkokan terhadap jaringan kecil yang diambil dari bagian depan atau belakang telinga untuk menutup lubang atau sobekan pada gendang telinga.prosedur ini biasanya memerlukan pembiusan umum dan pembedahan biasanya dilakukan di bagian belakang telinga yang lebih dekat dengan lokasi gendang telinga.proses pemulihan biasanya berlangsung hingga dua minggu walaupun anda sudah diperbolehkan pulang pada hari pembedahan.
Di rumah, selain menjaga telinga tetap dalam keadaan kering, hindari membersihkan telinga anda untuk sementara waktu agar telinga dapat pulih dengan baik.hindari juga membuang ingus atau meniup melalui hidung dengan terlalu keras karena tekanan yang dihasilkan dapat menghambat proses penyembuhan gendang  telinga.anda bisa meletakkan kain flannel hangat pada telinga yang terinfeksi untuk membantu meredakan rasa sakit.
PENCEGAHAN :
§  Sebisa mungkin menjauhkan telinga dari benda asing yang bisa masuk atau tertinggal di bagian dalam.hindari menggunakan cotton bud, klip kertas, atau jepit  rambut untuk mengeluarkan lilin telinga/earwax secara paksa  karena dapat merusak gendang telinga.jauhkan anak-anak dari benda-benda kecil yang dapat masuk dengan mudah ke telinga mereka.
§  Hindari telinga  dari suara yang terlalu keras.mendengarkan suara dalam volume tinggi atau terlalu keras dapat menyebabkan kerusakan pada gendang telinga.dengarkan suara  pada volume yang aman bagi telinga, dan gunakan sumbat atau pelindung telinga jika sedang berada di lingkungan dengan suara keras, seperti di area pabrik dan konstruksi bangunan.
§  Jika memungkinkan, hindari melakukan perjalanan udara saat sedang flu atau memiliki alergi yang menyebabkan hidung atau telinga tersumbat.ketidakseimbangan tekanan yang dialami telinga turut  berisiko menyebabkan pecahnya gendang telinga.gunakan sumbat telinga penyama tekanan, mengunyah permen karet, atau menguap saat pesawat lepas tandas atau mendarat untuk mengosongkan ruang di dalam telinga.usahakan untuk tidak tertidur saat ketinggian bertambah maupun berkurang.
§  Segera rawat telinga yang mengalami infeksi, khususnya pada telinga bagian tengah, untuk mencegah kerusakan gendang telinga.cegah anak-anak yang memiliki infeksi dari kebiasaan menarik atau menggosok-gosok telinga mereka.gejala-gejala yang perlu diawasi, antara  lain sakit telinga, hidung tersumbat, demam, dan berkurangnya  fungsi pendengaran.
Untuk mengurangi tekanan didalam telinga, anda bisa menggunakan teknik valsalva, yaitu dengan mengembuskan udara melalui hidung dengan lembut sambil menutup lubang hidung dan mulut.
4.     Otosklerosis
Otosklerosis adalah proses fokus bilateral yang melokalisasi di telinga labirin tulang.hal ini ditandai dengan fiksasi pada tulang pendengaran atau saraf telinga merusak perangkat.menurut kode ICD-10 untuk penyakit di bawah kode N80 “otosklerosis”.
GEJALA :
§  Kepeningan.
§  Masalah dengan saldo.
§  Nada perasaan, meraung atau berdengung di telinga.
PENGOBATAN :
§  Alat bantu dengar  di otosklerosis.
Alat bantu dengar  mungkin efektif untuk konduktif seperti di, dan hilangnya pendengaran sensorineural.
§  Operasi.
Dalam banyak kasus, prosedur, ini disebut stapedektomiya, dapat meningkatkan pendengaran.tujuan dari operasi ini adalah untuk menggantikan perangkat buatan tulang bermasalah, yang dapat mengirimkan gelombang suara ke telinga bagian dalam.stapedektomiya cukup efektif, dan sering mendengar kembali hampir ke tingkat normal.
§  Obat terhadap otosklerosis.
Obat kadang-kadang diresepkan fluoride untuk menstabilkan kondisi dan mencegah lebih lanjut gangguan pendengaran sensorineural.namun, metode pengobatan otosklerosis masih kontroversial dan belum terbukti.
PENCEGAHAN :
§  Konsumsi air fluoride.
§  Vaksinasi campak.
5.     Labirinitis
Labirinitis adalah radang di telinga bagian dalam yang menyebabkan  pusing.di dalam telinga terdapat struktur bernama labirin yang membantu mengatur keseimbangan.jika labirin mengalami iritasi, labirin mengirim sinyal yang keliru ke otak.labirinitis mungkin diasosiakan dengan kehilangan pendengaran, vertigo ( sensasi berputar ), kehilangan keseimbangan, dan mual.
GEJALA :
Gejala mungkin muncul secara tiba-tiba, biasanya silih berganti, dan berlangsung selama  kurang dari semenit sampai  beberapa jam atau hari.orang dapat menderita vertigo, yang biasanya memburuk dengan berpindah posisi dengan cepat.gejala lainnya meliputi pusing, merasa goyah, hilang keseimbangan, mual, telinga berdenging, lelah, dan merasa sakit.muntah mungkin bisa terjadi.pendengaran secara perlahan menjadi normal pada sebagian besar orang, biasanyaa dalam waktu 2 minggu.
PENGOBATAN :
Labirinitis biasanya dapat hillang dengan sendirinya, dalam beberapa hari sampai 2 minggu.untuk pusing yang parah dokter mungkin memberikan meclizine.berbaring dengan mata  tertutup didalam ruang yang gelap akan membantu menyembuhkan  sakit atau pusing yang parah.ubahlah posisi, seperti bangun dari berbaring, dengan pelan.
Gerakan kepala, disebut manuver epley, bisa menjadi  solusi untuk membantu menghilangkan rasa pusing.sangat penting untuk minum banyak air atau cairan lain.dehidrasi dapat memperburuk gejala.
Antibiotik tidak dapat membantu, karena sebagian besar kasus labirinitis tidak disebabkan oleh infeksi bakteri.dokter mungkin meresepkan antibiotik hanya jika mencurigai adanya infeksi bakteri.
PENCEGAHAN :
§  Kebiasaan terlalu sering memakai cottonbud untuk membersihkan telinga sebaiknya dijauhi karena dapat menimbulkan beberapa efek samping;kulit teling kita yang ditumbuhi bulu-bulu halus yang berguna untuk membuat gerakan menyapu kotoran di telinga kita akan rusak, sehingga mekanisme pembersihan alami ini akan hilang.jika kulit kita lecet dapat terjadi infeksi telinga luar yang sangat tidak nyaman dan kemungkinan lain bila anda  terlalu dalam mendorong cottonbud, maka dapat melukai atau menembus gendang telinga.
§  Hindarkan memberi mainan berupa biji-bijian pada anak-anak, dapat terjadi bahaya dia atas atau juga dapat tertelan dan yang fatal dapat menyumbat jalan nafas.
c.      Indra lidah
1.     Sariawan
Sariawan yang dalam istilah medis disebut stomatitis aftosa  ( apthous stomatitis ) atau canker sore adalah luka di dalam mulut yang dapat menimbulkan rasa  sakit dan tidak nyaman.luka tersebut bisa berbentuk oval atau bulat, dan berwarna putih atau kuning dengan tepiannya yang berwarna merah akibat peradangan.lokasi sariawan dapat terjadi di bagian dalam pipi atau bibir, serta di permukaan gusi dan lidah.sariawan yang tumbuh dapat berjumlah satu atau lebih.
GEJALA :
§  Rasa tidak nyaman dalam mulut.
§  Luka berwarna putih yang biasa muncul di lidah atau dinding mulut.
§  Pendarahan ringan yang terjadi jika luka tersebut tergores.
§  Sensasi terbakar pada mulut.
§  Bagian dalam mulut dan tenggorokan memerah dan terasa perih sehingga sulit menelan saat makan.
§  Kulit dibagian sudut mulut pecah-pecah atau kemerahan ( khususnya pada pengguna gigi palsu ).
§  Demam saat sariawan menyebar hingga ke kerongkongan.
PENGOBATAN :
Tujuan utama untuk pengobatan sariawan adalah untuk menghambat perkembangan jamur.penyakit  ini biasanya dapat diatasi dengan obat-obatan anti jamur  yang digunakan selama 1-2 minggu.beberapa jenis  obat anti jamur yang biasanya dianjurkan adalah miconazole, nystatin, fluconazole, clotrimazole serta econazole.anda juga dapat menggunakan obat antijamur dalam bentuk gel, krim, obat kumur, dan tablet atau kapsul.
PENCEGAHAN :
§  Menjaga kebersihan mulut ( misalnya, rajin sikat gigi dan berkumur ).
§  Merawat dan memeriksakan kondisi mulut serta gigi secara teratur ke dokter gigi.
§  Mengatasi masalah kesehatan kronis ( misalnya HIV atau diabetes ) yang dapat mengganggu keseimbangan bakteri sehingga menimbulkan sariawan.
§  Membatasi penggunaan obat kumur atau parfum mulut agar tidak merusak keseimbangan jumlah  bakteri normal dalam mulut.
§  Membatasi konsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi dan makanan yang mengandung ragi.
§  Merawat serta menjaga kebersihan gigi palsu yang digunakan dengan melepaskan gigi palsu setiap malam, membersihkannya, serta meredamnya didalam campuran air dengan tablet pembersih gigi palsu.
§  Berhenti merokok.
§  Membersihkan sela-sela gigi dengan dental floss atau benang gigi secara teratur.
2.     Kanker lidah
Kanker lidah adalah tumor ganas yang terjadi pada lidah ketika pertumbuhan sel-sel lidah menjadi tak terkendali.
GEJALA :
§  Lidah terasa nyeri berkepanjangan yang biasanya terasa pada rahang.
§  Adanya benjolan atau penebalan dilidah dan dalam rongga mulut lainnya.
§  Lidah mudah berdarah.
§  Adanya bercak berwarna putih atau merah pada lidah, gusi, tonsil, atau lapisan mulut lainnya.
§  Sakit tenggorokan atau perasaan bahwa ada sesuatu yang  mengganjal di tenggorokan yang tidak hilang atau menetap.
§  Lidah mati rasa dan sulit digerakkan.
§  Kesulitan menelan atau mengunyah.
§  Kesulitan menggerakkan rahang atau lidah.
PENGOBATAN :
§  Terapi bedah.
§  Terapi radiasi.
§  Kemoterapi.
PENCEGAHAN :
§  Jangan merokok atau menggunakan produk tembakau.jika anda merokok atau menggunakan produk tembakau, segeralah berhenti.
§  Hindari konsumsi alkohol berat.
§  Temui dokter anda secara teratur untuk check up dan ujian skrining terhadap kemungkinan kanker lidah.

3.     Glossitis
Glossitis adalah suatu kondisi yang ditandai dengan perubahan permukaan lidah yang membengkak dan berubah warna, biasanya warna merah gelap.
GEJALA :
§  Peradangan pada lidah.
§  Permukaan lidah yang halus.
§  Lidah warna sangat merah, putih.
§  Kesulitan mengunyah, menelan, atau berbicara.
PENGOBATAN :
Pengobatannya tergantung dari penyebabnya, sehingga tidak ada pengobatan khusus untuk glossitis.
PENCEGAHAN :
Untuk mencegahnya, harus menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan baik.setidaknya menyikat gigi dua kali sehari.
4.     Radang permukaan lidah ( atrophic glossitis )
Radang lidak adalah salah satu jenis penyakit pada lidah yang seringkali menimpa orang orang yang bertubuh sangat kurus.pada anak-anak yang menderita kurang gizi dan pada orang-orang yang memiliki pola makan yang buruk.
GEJALA :
§  Kesulitan mengecap rasa.
§  Permukaan lidah tersa licin dan lebih mengkilat.
§  Terasa sakit ketika lidah menyentuh langit langit mulut.
§  Terdapat luka luka yang seperti berbentuk lubang.
§  Permukaan lidan tidak rata.
PENGOBATAN :
§  Berkumur 2 kali sehari secara rutin air rebusan daun sirih yang telah ditambahkan air kunyit.
§  Memakai obat rekomendasi dokter jenis amitriptyline, amisulpride dan olanzapine yang diformulasikan untuk menyembuhkan peradangan dan meredakan rasa nyerinya pada malam hari.
PENCEGAHAN :
§  Menghindari rokok.
§  Hindari minuman beralkohol.
§  Menjauhi  makanan jenis junkfood.
§  Rajin membersihkan gigi dan menjaga kesehatan rongga mulut.
5.      Glossopyrosis
Glossopyrosis  merupakan peradangan yang menyebabkan rasa perih dan kasar pada permukaan lidah akibat iritasi zat tertentu.glossopyrosis merupakan jenis penyakit pada lidah yang biasa menyerang orang dewasa.
GEJALA :
§  Lidah terasa seperti terbakar.
§  Mengalami demam.
§  Kemunduran kualitas indra pengecap.
§  Mengalami bau mulut yang tidak sedap.
§  Lidah nyeri dan timbul luka yang melebar tetapi tidak merata pada permukaan lidah.
PENGOBATAN :
§  Berkumur dengan air rebusan sarang semut 2 kali sehari tetapi tidak hentikan sementara waktu penggunaan obat kumur sejenis apapun.
§  Berkumurlah  dengan rebusan air daun sirih yang sebelumnya telah ditambahkan air kunyit.
PENCEGAHAN :
§  Hindari penggunaan obat kumur secara berlebihan.
§  Mengkonsumsi air putih.
§  Menggosok permukaan lidah dengan punggung sikat gigi.
d.     Indra hidung
1.     Pilek
Pilek adalah infeksi ringan pada hidung, saluran sinus, tenggorokan, dan saluran pernapasan bagian atas akibat serangan virus.pilek bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga dewasa.
GEJALA :
§  Hidung terus menerus mengelurkan ingus.
§  Sering bersin.
§  Sering batuk.
§  Pernapasan tidak lancar ( hidung terasa tersumbat ).
§  Tidak enak badan.
§  Suara serak.
PENGOBATAN :
§  Mengoleskan balsem.
§  Mengonsumsi permen yang mengandung menthol dan berkumur dengan air garam.
§  Meneteskan larutan garam ke dalam hidung.
§  Menngonsumsi suplemen zinc dan vitamin C.
§  Mengonsumsi obat yang bisa dibeli bebas di apotik.
PENCEGAHAN :
§  Menjaga jarak dengan penderita hingga dia sembuh.
§  Rutin mencuci tangan sampai bersih sebelum makan.
§  Membersihkan permukaan benda-benda yang dapat ditempeli virus.
§  Tidak berbagi barang pribadi dan perlengkapan makan atau minum dengan orang lain.
2.     Influenza ( flu )
Influenza adalah infeeksi virus yang menyerang sistem pernapasan, termasuk  hidung, tenggorokan, cabang tenggorokan dan paru-paru.
GEJALA :
§  Demam lebih dari 38 celcius pada orang dewasa, dan sering sampai 39,5 celcius sampai 40,5 celcius pada anak.
§  Panas dingin dan berkeringat.
§  Batuk kering.
§  Nyeri otot, khususnya pada punggung, lengan dan kaki.
§  Kelelahan dan lemah.
§  Hidung tersumbat.
§  Hilang nafsu makan.
§  Diare dan muntah pada anak.
PENGOBATAN :
Langkah lagkah pengobatan sederhana yang dapat anda lakukan adalah cukup istirahat, mengonsumsi buah buahan  dan sayur sayuran, serta menjaga suhu tubuh tetap normal.
PENCEGAHAN :
§  Menjaga kebersihan.
§  Selalu mencuci tangan, misalnya sebelum makan dan setelah bepergian.
§  Menutup mulut dan hidung saat bersin atau batuk.
§  Memakai masker saat bepergian ( terutama bagi pengguna kendaraan umum  ) atau ketika berada di sekitar penderita flu.
§  Memastikan tubuh menerima asupan vitamin dan gizi secara cukup dan seimbang.
§  Istirahat yang cukup.
§  Olahraga secara teratur.
§  Menjaga asupan cairan.
3.     Rhinitis allegrica
Rhinitis adalah peradangan atau iritasi yang terjadi di membran mukosa didalam hidung.rhinitis alergi disebabkan oleh alergi terhadap unsur seperti debu.
GEJALA :
§  Bersin-bersin.
§  Hidung tersumbat atau berair.
§  Berkurangnya sensivitas indra penciuman.
§  Rasa tidak nyaman atau iritasi ringan didalam dan area sekitar hidung.
PENGOBATAN :
§  Obat obatan.
§  Imunoterapi atau desensitisasi.
§  Irigasi hidung ( nasal irrigation ).
PENCEGAHAN :
Carilah penyebab terjadinya alergi ( rhinitis ) seperti debu, bulu ayam, tepung sari bunga, jamur, dan usahakan untuk menghinddari benda-benda tersebut.
4.     Sinusitis
Sinusitis adalah inflamasi atau peradangan pada dinding sinus.sinus adalah rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi.
GEJALA :
§  Merasakan sakit kepala yang hebat dan sering.
§  Pada bagian wajah terasa lebih sakit dari keadaan biasanya.
§  Keluar ingus warna bening dari dalam hidung.
§  Mengalami rasa sesak pada bagian rongga hidung.
§  Sering mengalami batuk yang tidak berkesudahan.
§  Tenggorokan terasa panas dan sakit.
PENGOBATAN :
Bila dirasa sudah sangat mengganggu, kita bisa mengunjungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang benar dan sesuai.selain itu, kita juga bisa mengobati sinusitis dengan menggunakan obat serta ramuan tradisional dengan memanfaatkan tanaman obat yang ada disekitar kita.
PENCEGAHAN :
Cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit sinus adalah dengan cara menghindari pencetus dari sinus itu sendiri.beberapa orang percaya bahwa dengan meminum air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan segelas air hangat bisa mencegah terjadinya penyakit sinus.
5.     Polip hidung
Polip hidung adalah pertumbuhan jaringan pada dinding saluran pernapasan hidung atau pada sinus.
GEJALA :
§  Nyeri pada wajah.
§  Sakit kepala.
§  Bersin.
§  Indra penciuman dan indra perasa berkurang atau bahkan  mati rasa.
§  Hidung berair atau  tersumbat.
§  Infeksi.
§  Lendir yang jatuh dari belakang hidung ke tenggorokan.
§  Mendengkur.
§  Kehilangan nafsu makan.
§  Rasa gatal di sekitar mata.
§  Sakit pada gigi rahang atas.
PENGOBATAN :
§  Pengobatan menggunakan antihistamin.
§  Kortikosteroid untuk  mengurangi radang.
§  Operasi pengangkatan.
PENCEGAHAN :
§  Mengurangi asupan omega  6 asam lemak dan meningkatkan kandungan omega 3.
§  Makanan yang mengandung VIT  A dan beta karoten.
§  Perbanyak konsumsi air.
§  Perbanyak konsumsi vitamin C dan E.
§  Penuhi asupan yang mengandung quercetin.
§  Meningkatkan asupan selenium dalam makanan anda.
e.     Indra kulit
1.     Kudis
Kudis atau yang dikenal  dalam istilah medisnya  dengan skabies adalah kondisi menular kulit yang disebabkan oleh penyusupan tungau kecil  kedalam lapisan kulit luar yang akan menimbulkan ruam kulit yang sangat gatal dan dapat  menimbulkan keropeng.tungau kecil tersebut tidak tampak dengan penglihatan mata biasa.
GEJALA :
§  Telihat garis berbentuk seperti lorong di atas kulit pada bagian tubuh manapun terkecuali wajah, yang disebabkan aktivitas tungau pada lapisan kulit.
§  Rasa gatal yang intens terutama pada malam hari atau saat suhu tubuh meningkat seperti saat olahraga atau setelah mandi air hangat.
§  Dll.
PENGOBATAN :
§  Jangan menggaruk kulit yang mengalami kudis karena ini bisa menimbulkan infeksi.
§  Mandi dengan air yang telah diberi larutan antiseptic ( seperti dettol tm, PK, dsb )atau anda dapat juga menggunakan sabun antiseptic.
§  Dll.
PENCEGAHAN :
§  Bersihkan seluruh bagian rumah, mulai dari lantai, karpet, lemari, dll, anda bisa gunakan cairan pembersih yang mengandung disinfektan.
§  Hilanngkan semua debu yang menempel pada perabotan dengan alat vacum cleaner.
§  Dll.
2.     Eksim
Eksim atau dermatitis adalah istilah kedokteran untuk kelainan kulit yang mana kulit tampak meradang dan iritasi.
GEJALA :
Dimanapun lokasi timbulnya eksim, gejala utama yang dirasakan pasien adalah gatal.
PENGOBATAN :
§  Menghilangkan rasa gatal untuk mencegah terjadinya infeksi.
§  Lotion dan krim.
§  Salep.
§  Dll.
PENCEGAHAN :
§  Jaga kelembaban kulit.
§  Hindari perubahan suhu dan kelembaban yang mendadak.
§  Hindari berkeringat terlalu banyak atau  kepanasan.
§  Dll.
3.      Panu
Panu merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur.penyakit panu ditandai oleh adanya bercak putih pada kulit dan menimbulkan rasa gatal terutama jika anda sedang melakukan aktivitas fisik yang dapat memicu keluarnya keringat berlebih.
GEJALA :
§  Adanya rasa gatal jika  berkeringat dan terdapat bercak keputihan pada permukaan kulit.
PENGOBATAN :
Di masyarakat luar sudah banyak beredar segala jenis obat panu, namun sebelum kita menggunakan obat obatan yang berbahan kimia maka ada baiknya jika terlebih dahulu mencoba obat herbal untuk penyakit panu yang tidak menimbulkan efek samping.
PENCEGAHAN :
§  Menjaga kebersihan pakaian.
§  Gunakan handuk yang bersih ketika habis mandi, sering seringlah mandi minimal 2 kali sehari.
§  Gunakan pakaian yang mudah menyerap  keringat.
4.     Kanker kulit
Kanker kulit adalah penyakit kanker dengan pembentukan sel kanker pada sel epidermis kulit yang kemudian memunculkan massa ganas pada permukaan kulit.
GEJALA :
Gejala kanker kulit sebenarnya relatif mudah dikenali.kunci utama dalam mengenali tiap gejala kanker kulit yang muncul adalah dengan selalu memmperhatikan kondisi permukaan kulit anda.
PENGOBATAN :
§  Pembekuan.
§  Operasi pengangkatan.
§  Operasi mohd.
§  Terapi kuret.
§  Radioterapi.
§  Kemoterapi.
§  Terapi photodinamik.
§  Sarang semut.
§  Noni juice.
PENCEGAHAN :
§  Hindari terkena sinar matahari secara langsung, terutama selama jam 09.00-04.00.
§  Jangan biarkan anak anak keluar rumah di bawah sinar matahari.
§  Dll.
5.     Lupus
Lupus adalah penyakit inflamasi kronis yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang keliru sehingga mulai menyerang jaringan organ tubuh sendiri.
GEJALA :
§  Ruam kulit.
§  Kelelahan.
§  Sakit.
§  Pembengkakan pada sendi.
PENGOBATAN :
§  Konsultasi dengan dokter spesialis hematologi.
§  Alergi imunologi.
§  rheumatology.
PENCEGAHAN :
§  mengurangi paparan dari sinar matahari secar langsung.
§  Tidak stres.
§  Menghindari konsumsi obat terlalu lama dan juga mengurangi beban kerja.
C.     KELAINAN DAN PENYAKIT PADA SISTEM HORMON MANUSIA
1.     Addison
Penyaakit addison adalah penyakit yang disebabkan oleh berkurangnya hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal.
GEJALA :
§  Tekanan darah rendah,  hingga pingsan.
§  Rendahnya level gula darah.
§  Mual.
§  Diare.
§  Muntah.
§  Kelelahan yang berlebihan.
§  Kehilangan berat badan.
§  Berkurangnya nafsu makan.
§  Mengidam makanan yang asin.
§  Menggelapnya warna kulit.
§  Sakit perut.
§  Nyeri otot atau sendi.
§  Kehilangan rambut pada tubuh atau disfungsi seksual pada penderita perempuan.
§  Menjadi mudah marah.
§  Depresi.
PENGOBATAN :
§  Pemberian kortikosteroid secara oral.
§  Pemberian kortikosteroid melalui suntikan untuk penderita yang mengalami gejala muntah-muntah.
PENCEGAHAN :
Rajin berolahraga dan menjalankan pola hidup sehat bisa menjauhkan kita dari penyakit addison.
2.     Sindrom cushing
Sindrom cushing adalah kumpulan gejala yangg muncul akibat paparan hormon kortisol dengan  kadar tinggi.
GEJALA :
§  Kenaikan berat badan.
§  Wajah tampak bulat.
§  Penumpukan lemak di area antara leher dan bahu.
§  Penurunan gairah seksual.
§  Melemahnya struktur tulang.
PENGOBATAN :
Menangani faktor yang mendasarinya.
PENCEGAHAN :
Memperhatikan dosis pemakaian obat.
3.     Sindrom adrenogenital
Sindrom adrenogenital dibbagi menjadi bentuk bawaan, yang dianggap klasik, bentuk non klasik dan ringan.
GEJALA :
pada sindrom bentuk adrenogenital kongenital bahkan dalam rahim selama pembentukan hormon adrenal menghasilkaan jumlah yang berlebihan dari hormon androgen.androgen berlebih menyebabkan munculnya diferensiasi seksual.
PENGOBATAN :
penting bagi pasien untuk memahami bahwa HAK belum ada obatnya.


4.     Feokromositoma
Feokromositoma adalah suatu tumor yang berasal dari sel-sel kromafin kelenjar adrenal, menyebabkan pembentukan katekolamin yang berlebihan.
GEJALA
Gejala lainnya adalah:
- jantung berdebar-debar dan berdenyut lebih cepat
- berkeringat berlebihan
- pusing jika berdiri
- pernafasan cepat
- muka kemerahan
- kulit dingin dan lembab
- sakit kepala hebat
- nyeri dada dan perut
- mual
- muntah
- gangguan penglihatan
- jari tangan kesemutan
- sembelit.

PENGOBATAN:
Biasanya pengobatan terbaik adalah pengangkatan feokromositoma. Pembedahan seringkali ditunda sampai pelepasan katekolamin dapat dikendalikan dengan pemberian obat-obatan, karena kadar katekolamin yang tinggi bisa membahayakan proses pembedahan. Biasanya fenoksibenzamin dan propanolol diberikan secara bersamaan; metirosin atau obat lainnya seringkali perlu diberikan untuk mengendalikan tekanan darah.

PENCEGAHAN :
Dilakukan pemeriksaan air kemih untuk mengetahui kadar katekolamin tertentu. CT scan atau MRI bisa membantu menentukan lokasi feokromositoma.

5. STRUMA
DEFINISI :
Gondok (Bahasa Latin: struma) adalah pembengkakan di leher (di bawah jakun atau laring) karena kelenjar tiroid yang membesar.
GEJALA :
gejala yang muncul termasuk keringat berlebihan, berat badan menurun, gemetaran, gelisah, tidaktoleran terhadap panas, mudah lelah, konsentrasi berkurang, mata melotot (seperti mau keluar) dan menstruasi yang tidak teratur atau sedikit.
PENGOBATAN :
1. Laboratorium
Pemeriksaan kadar TSH, T3 total, Free T4, dan T4 total.
2. Radiologi
Thorax à adanya deviasi trakea, retrosternal struma, coin lesion (papiler), cloudy (folikuler).
Leher AP lateral à evaluasi jalan nafas untuk intubasi pembiusan.
3. USG
Dilakukan untuk mendeteksi nodul yang kecil atau nodul di posterior yang secara klinis belum dapat dipalpasi. Di samping itu, dapat dipakai untuk membedakan nodul yang padat atau kistik serta dapat dimanfaatkan untuk penuntun dalam tindakan biopsy aspirasi jarum halus.
4. Scanning tiroid (pemeriksaan sidik tiroid)
Memakai uptake I131 yang didistribusikan ke tiroid untuk menentukan fungsi tiroid.  Normalnya uptake 15-40 % dalam 24 jam. Bila uptake > normal disebut hot area, sedangkan jika uptake < normal disebut cold area (pada neoplasma)
5. Pemeriksaan sitologi melalui biopsi aspirasi jarum halus (BAJAH)
Pemeriksaan sitologi nodul tiroid diperoleh dengan aspirasi jarum halus. Cara pemeriksaan ini berguna untuk menetapkan diagnosis suspek maligna ataupun benigna.

PENCEGAHAN :
Pencegahan primer adalah langkah yang harus dilakukan untuk menghindari diri           dari berbagai faktor resiko. Beberapa pencegahan yang dapat dilakukan untuk    mencegah terjadinya struma adalah :
a. Memberikan edukasi kepada masyarakat dalam hal merubah pola perilaku makan dan memasyarakatkan pemakaian garam yodium.
b. Mengkonsumsi makanan yang merupakan sumber yodium seperti 







No comments:

Post a Comment