Tuesday, October 3, 2017

Profil Lengkap Juan Mata

Berposisi sebagai pemain gelandang tengah, dengan umpan-umpan yang mematikan dan kemampuan menggiring bola yang sangat cepat, mampu membuat nama Juan Mata dikenal oleh para pecinta sepakbola Spanyol.
Nama Lengkap : Juan Manuel Mata Garcia
Tempat Lahir : Burgos, Spanyol
Tanggal Lahir : 28 April 1988
Kebangsaan : Spanyol
Posisi : Gelandang
Bermain di Klub: Manchester United
Mata mulai merintih sebagai pemain sepakbola, dimulai dari sebuah akademi klub Real Oviedo di tahun 1998. Tiga tahun lama nya dia menimba ilmu, Mata meneruskannya ke klub yang berbeda, yakni Real Madrid di usia nya yang ke 15 tahun.
Bersama akademi Madrid, kemampuan bermain Mata mulai terlihat, dia menunjukkan level bermain yang sangat baik dan dia selalu masuk dalam skuat utama pada saat tim bertanding. Peningkatan bermain yang ditunjukkan Mata mendapatkan perhatian lebih dari pihak klub.
Hal itu terbukti, tepat nya pada tahun 2006/07, Mata mendapatkan kabar baik, dia masuk dalam level klub yang lebih tinggi, yakni Real Madrid Castilla. Sukses mendapatkan tempat di skuat tim inti, mampu dibayar dengan penampilan apik yang ditunjukkan Mata dan sukses dengan 10 gol.
Namun sayang, penampilan impresif Mata bersama Real Madrid Castilla, tidak diiringi dengan perpanjang kontrak untuk dirinya. Hal tersebut lantas dimanfaatkan oleh klub La Liga lainnya, yakni Valencia yang telah resmi mendapatkan servis Mata di tahun 2007.
Debut Mata bersama Valencia, dimulai sebagai pemain pengganti, dengan cederanya Vicente Rodriguez, Mata diberikan kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya. Hal itu terbukti cepat, kedatangan Mata memberikan warna baru bagi lini tengah Valencia. Kemampuannya memberikan umpan-umpan akurat kepada penyerang tim, mampu dibayar dengan raihan gelar Copa del Rey bagi klub tersebut.
Namun karir indah Mata harus terhenti, Valencia bermasalah dengan keuangan dalam klub dan mengharuskan Mata dijual. Pemain kelahiran 28 April itu, akhirnya menyetujui pilihannya kepada Chelsea. The Blues sukses mendapatkan Mata dengan nilai transfer mencapai 23 juta Euro.
Gaya bermain Mata yang terkenal cepat dan kreatif dalam membangun serangan, mampu membuat dia beradaptasi dengan cepat di The Blues. Kontribusinya pun terlihat sangat jelas, dari musim ke musim Mata mampu memberikan beberapa gelar, diantaranya trophi Piala FA, Piala Europa League dan Piala Liga Champions.
Di musim 2013/14, dengan resmi pihak Chelsea mengumumkan nama Mata termasuk dalam daftar jual klub. Hal itu langsung dimanfaatkan oleh rival terdekat Chelsea, Manchester United yang secara terang-terangan tertarik mendapatkan playmaker timnas Spanyol itu. Ditahun itu pula Mata resmi berseragam Manchester United denga durasi kontrak empat musim. Bersama Manchester United Mata menjadai pilihan pertama di sektor tengah tim sampai saat ini.
Sementara itu, di level Internasionalnya bersama timnas Spanyol. Mata meraih kesuksesannya, pada saat Spanyol mampu menjuarai Piala Dunia 2010 Afrika Selatan dan Piala Euro 2012. Mata pun sudah mulai debutnya di Spanyol, ketika diusia 21 tahun, dimana dia mampu membawa Spanyol keluar sebagai Juara Piala Eropa 2011.




ndingan pertama Hazard di Liga Premiere musim ini.

Sampai sekarang, total penampilan Hazard untuk the Blues adalah 14 pertandingan dan 3 raihan gol. Karir internasional pemain yang suka berkelakar dan mencukur jenggot temannya dengan sangat buruk ini dimulai dengan dipanggilnya ia sebagai salah satu penggawa timnas U-17 Belgia pada tahun 2006-2007 dan berhasil menyumbang 4 gol. Pertandingan pertamanya bersama timnas Belgia terjadi pada bulan November 2008 yaitu melawan Luksemburg. Ia juga berhasil masuk daftar pemain timnas U-19 Belgia pada tahun 2007-2009 dengan total 9 penampilan dan 4 raihan gol. Pada tahun 2008 sampai sekarang, ia tercatat sebagai salah satu pemain timnas senior Belgia dan mencetak gol pertamanya pada laga melawan Kazakstan. Total penampilannya sampai sekarang adalah 31 pertandingan membela timnas senior dengan 2 gol berhasil ia berikan.

No comments:

Post a Comment